Senin, 20 Desember 2010

Ubur-ubur hijau misterius

Angkasa ini sangatlah luas, banyak kejadian misterius terdapat di atas sana. Berikut ini adalah berita tentang adanya Ubur-ubur hijau di langit Norwegia.

Diberitakan pada tanggal 28 Januari 2010, seorang fotografer bernama Per-Arne Milkalsen secara tidak sengaja memfoto sebuah benda hijau berbentuk seperti "Parasut" terdapat di langit Andenes, Norwegia tepatnya benda tersebut ada di sebelah Aurora yang berwarna hijau juga.



Pak Milkalsen dikatakan memang suka Aurora sejak dia bekerja di tempat peluncuran roket di Norwegia, Aurora ini juga muncul karena tempatnya berdekatan dengan kutub utara.








Setelah pak Milkalsen menambahkan fotonya ke spaceweather.com, banyak Email berdatangan dari beberapa ahli di dunia.

Seorang Ilmuwan bernama Truls Lynn Hanses berkata dia meragukan foto tersebut yang diambil pada tanggal 20 Januari merupakan kesalahan kamera.

Dia berkata "Fenomena tersebut memiliki warna hijau yang sama seperti aurora disebelahnya, berarti fenomena itu berasal dari cahaya pada aurora" tapi Aurora sulit untuk membuat fenomena, terkecuali jika ada pengaruh eksternal seperti pantulan pesawat tebang atau satelit, teori dari pak Hansen bisa saya terima, karena letak dari kedua benda dekat, dan warna sama,

bisa disimpulkan begitu, tapi yang saya pertanyakan adalah kenapa bentuknya ubur-ubur? padahal kalau fenomena cahaya biasa akan berbentuk garis atau bercak.

Jika dengan penjelasan Pak Hansen maka kejadian ini bisa disebabkan oleh "Iridium Flare" yaitu pantulan sinar matahari oleh satelit dan biasanya memunculkan bercak cahaya ke langit. Akan tetapi, intensitas cahaya Aurora 100.000 kali lebih lemah dari cahaya matahari.

Tapi pak Hansen kembali berkata bahwa intensitas cahaya aurora hampir sama dengan cahaya bulan dan fenomena ubur-ubur ini pun cahayanya cukup lemah, dan juga warna Iridium Flare ini memiliki warna putih dan berbentuk seperti bercak cahaya seperti gambar disamping, sedangkan fenomena ini berbentuk ubur-ubur.


Pal Brekke, seorang penasehat senior dari Norwegian Space Centre mengatakan "pantulan cahaya lampu jalan memungkinkan" tapi, jika itu lampu jalan, kenapa warnanya hijau? pantulan lampu jalan biasanya berwarna putih atau kuning.

Misteri ini masih mengherankan, secara pribadi saya paling heran dengan bentuk ubur-uburnya, kenapa bisa berbentuk seperti itu? apa masih ada faktor eksternal lain seperti pengaruh cahaya dari luar angkasa?

Sumber: Dailymail

Tidak ada komentar:

Posting Komentar