Kamis, 17 Juni 2010

Ahool - Kelelawar Raksasa Indonesia


Gunung salak, salah satu gunung indah di Indonesia. Tetapi, seekor makhluk yang misterius juga tinggal disana.







Makhluk ini disebut Ahool. Ahool dikatakan seperti kelelawar raksasa atau pterosaurus yang masih hidup.



Deskripsi

Ahool dikatakan sebesar anak berumur satu tahun dengan lebar sayap raksasa sekitar 10 kaki(3 meter). Tinggal di hutan hujan terdalam Jawa. Makhluk ini memiliki kepala seperti monyet atau kera dengan Mata besar berwarna hitam. Tubuhnya ditutupi rambut berwarna abu-abu gelap.

Penampakan

Ahool pertama kali dilihat oleh Dr.Ernest Bartels yang pada saat itu sedang menyusuri Gunung Salak.
Pada tahun 1925 Dr.Ernest Bartels yang sedang mejelajahi air terjun di lereng gunung salak, saat itu Kelelawar Raksasa menukik terbang diatas kepalanya.
Pada tahun 1927, sekitar pukul 11:30 malam, ketika Dr. Ernest Bartels berbaring di tempat tidurnya dalam pondoknya dekat sungai Tjidjenkol di Jawa barat, dia mendengar suara aneh dari yang berasal dari atas pondoknyaberbunyi A Hool, dan tampaknya suara ini semakin keras.
Dr. Bartels mengambil obor dan keluar dari pondok. Kurang dari 20 detik dia mendengar lagi suara A Hool. Ternyata itu adalah kelelawar raksasa yang dia lihat dua tahun lalu.



Bartels mengira makhluk ini bukan kelelawar, melainkan burung raksasa. Cryptozoologist Ivan T. Sanderson tertarik dengan makhluk ini dikarenakan, dia juga pernah bertemu dengan makhluk kelelawar raksasa tetapi bukan di Jawa, melainkan di Gunung Assumbo, Kamerun, Afrika yang bernama Kongamato.
Sebagian Peneliti juga mengira Ahool adalah sisa pterosaurus.

Berdasarkan ciri-cirinya, Ahool mirip dengan Javan wood owl (Strix (leptogrammica) bartelsi) yang memiliki wajah dengan mata hitam yang besar, dan bulu yang membuatnya terlihat besar,lalu paruhnya yang kecil. Karateristiknya yang tersendiri adalah mengeluarkan suara HOOH!! seperti semua burung hantu besar, mereka menakuti semua makhluk yang masuk teritori mereka pada saat musim kawin. Mereka akan menyerang musuhnya dari atas dan belakang. dan tanpa disadari lawannya. selain itu, Javan wood owl ini merupakan burung langka yang sulit diteliti.











Wood Owl

Sekarang mungkin Ahool ini sudah sulit ditemukan yang dikarenakan rusaknya habitat di gunung Salak. Selain itu, ciri-ciri Javan wood owl sangat mirip dengan ahool. memiliki mata besar,tertutupi bulu keabu-abuan, dan mengeluarkan suara HOOOH yang hampir mirip dengan suara A HOOOOOL.


Sekarang mungkin Ahool ini sudah sulit ditemukan yang dikarenakan rusaknya habitat di gunung Salak. Selain itu, ciri-ciri Javan wood owl sangat mirip dengan ahool. memiliki mata besar,tertutupi bulu keabu-abuan, dan mengeluarkan suara “HOOOH” yang hampir mirip dengan suara “A HOOOOOL” jika terdengar secara samar-samar. (Ingat, Dr. Ernest berada pada dekat air terjun sehingga kemungkinan misinterpretasi suara sangat tinggi).

Kemungkinannya Dr. Ernest salah mengidentifikasi. Dilihat dari keadaan penampakan yang hanya sesaat, dan dengan kondisi hutan yang sunyi, bisa timbul sebuah misinterpretasi terhadap suatu entitas yang ada. Dalam kasus ini, mungkin burung atau hewan lain yang bergerak dengan suara terdengar Dr. Ernest, namun karena dalam hutan dan suara terhalang air terjun, bisa jadi dia salah dengar.

Untuk kejadian kedua, kesalahan identifikasi dapat terjadi karena gelapnya malam. Dr. Ernest berkemungkinan mendengar suara yang “Hampir” mirip sehingga menyangka suara itu berasal dari makhluk yang sama. Karena suatu kesan misterius yang ditimbulkan saat penampakan pertama pasti berdampak tinggi.

Jika Dr. Ernest tidak salah, maka makhluk apakah yang sebenarnya terlihat? Bagaimana pendapat anda mengenai makhluk ini? Sampai sekarang makhluk ini belum dilaporkan muncul kembali. Dan akan menjadi salah satu misteri Indonesia yang terpendam selamanya.




29 komentar:

  1. Pertamxxx

    Saya mau tanya

    kalau memang salah teliti apakah Burung Wood Owl dan Bismark Flying Fox mempunyai ukuran yang sama dengan Aholl yaitu 10 kaki(3 meter).

    "Makhluk ini memiliki kepala seperti monyet atau kera dengan Mata besar berwarna hitam. Tubuhnya ditutupi rambut berwarna abu-abu gelap."

    Dalam kutipan ini sepertinya si burung hantu gak mungkin lagi jadi kandidat, karena di tidak mirip kera dan tidak punya rambut melainkan bulu.

    :D Nice Info

    BalasHapus
  2. memang hampir tidak mungkin.........tapi wajah monyet itu hampir rata......seperti si burung hantu yang memiliki paruh sangat kecil,kalau mata, hampir semua burung hantu memiliki mata besar dan karena dalam kegelapan matanya terlihat hitam......soal bulu memang agak sulit, karena rambut kelelawar pendek dan bulu burung itu panjang. kembali pada gelap yang biasanya menyamarkan suatu bentuk, mungkin Dr itu melihat bulunya berkibar hanya sedikit bagian..

    BalasHapus
  3. iya itu pendapat saya saja....maaf jika banyak kesalahan.....

    BalasHapus
  4. serem juga ya... semalem jadi mimpi loh ketemu ahool di gedung..ada 2 lagi ahool na >.<

    BalasHapus
  5. hahahhahaa...apakah cirinya mirip diatas? hahaha

    BalasHapus
  6. Saya jadi keinget cerita bapak saya dlu. Katanya sewaktu muda dia pernah hiking ke gn salak malam hari, trus pernah ngeliat ''kalong'' segede bayi. Memang gn salak masih menyimpan banyak misteri sampai sekarang

    BalasHapus
  7. waw...itu Mungkin Bayi Ahool? memang, hutan dan gunungnya sangat dalam

    BalasHapus
  8. iya kak pas mimpi ciri2nya mirip diatas trus ada 2 lagi

    BalasHapus
  9. jadikebayang nie ngeliat ahool lagi nangkring di jendela...serem

    BalasHapus
  10. entah benar atau tidak,, saya pernah melihat sesosok makhluk seperti a hool,, lokasi di jawa tengah tepatnya di gombong kebumen, sekitar tahun 2000 saat saya masih smp, kejadiannya saat maghrib, pas mau balik ke rumah lewat pekarangan, cuman diterangi cahaya bulan yang belum sempurna tapi sudah terlihat gelap, saya jalan sambil liat bawah ada bayangan besar lewat diatas saya, begitu saya liat ke atas, saya liat sosok terbang sayapnya seperti kelelawar tapi lebarnya kira2 mencapai 4 meter. terbang tanpa mengepakkan sayap seperti cuma meluncur,, tingginya seukuran orang dewasa, karena kondisi gelap, yang terlihat dari bawah hanya hitam, kira2 ketinggian terbangnya dari tanah setinggi rumah 2 tingkat,, saya masih dalam tanda tanya sampai sekarang, makhluk apa yang saya liat itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. believe me bro, itu kalong, ketika ente esempe semua memang jd besar2 karena bdn ente yg kecil..ky ane, dulu perasaan jalan depan rumah tu lbar bgt,.tp pas ane gede ya jd kyak kecil.cm persepsi ja.

      Hapus
    2. Saya sering ketemu tapi didaerah saya namanya kalong.daerah saya di trenggalek jatim

      Hapus
  11. BLOGGERspherepedia mengatakan artikel anda sudah diputar salah satu acara TV yaitu on the spot

    BalasHapus
  12. @Anonim: Yakin itu kelelawar? Karena gelap dan malam bukankah ada kemungkinan yang kamu lihat seperti burung besar? atau kalong?

    BalasHapus
  13. indonesia memang memiliki banak misteri yg belum terungkap yg bikin penasaran...

    BalasHapus
  14. @jelixxix : asumsi saya seperti kelelawar karena bagian belakang dari sayapnya terdapat cekungan cekungan mirip kelelawar,, anehnya bentuknya yang luar biasa besar,, kalaupun itu kalong berarti kalong raksasa, karena ukurannya yang luar biasa.. dan terbangnya hanya meluncur tanpa kepakan..

    BalasHapus
  15. Tanpa kepakan? kalau bukan ahool mungkin itu thunderbird

    BalasHapus
  16. rahasia ilahi..... tolng jangan dbuat mainan.....
    suatu saat nanti...... smua pasti akan terungkap...

    BalasHapus
  17. rahasia ilahi..... tolng jangan dbuat mainan.....
    suatu saat nanti...... smua pasti akan terungkap...

    BalasHapus
  18. Siapa yang buat mainan? ini hanya misteri saja bukan? justtru kita berusaha mengungkapnya

    BalasHapus
  19. Sangat Menajubkan gan
    lumayan untuk menambah ilmu pengetahuan

    BalasHapus
  20. Sayang sekali Ÿ̲̣̣ɑ̤̥̈̊ɑ̤̈̊ habitatnya sudah dirusak akibat pemanasan global dan penebangan hutan liar,klo gk rusak pasti banyak tuh A hool nya

    BalasHapus
  21. Sepertinya saya pernah melihat apa yg kalian perbincangkan, hari minggu 20 oktober 2013 saya berkunjung ke curug panjang d cilember saya berjalan sendirian mendahului temen saya karena terlalu semangat tp waktu saya sedang asik jalan saya melihat bayangan di pohon" ketika saya lihat keatas ternyata ada burung besar dgn sayap yg lebar melintas diatas pepohonan, saya kira itu hanya burung elang tp setelah saya amati lebar sayap dan ukuran'nya terlalu besar untuk ukuran elang saya baru ingat saya prnah menonton acara jejak" misterius d trans 7 yg menceritakan tentang keberadaan burung besar yg ada d gn salak , ternyata benar adanya mahluk seperti itu saya pikir itu hanya omong kosong

    BalasHapus
  22. laik dhis??

    http://1.bp.blogspot.com/-T3vLsEkcWGI/T5v2SE-stpI/AAAAAAAAB3M/MO2G27WTuQA/s1600/Largest+Bat+with+Face+of+human.jpg

    BalasHapus
  23. Wallahu alam guys kita cukup mempercayai nya saja :-)

    BalasHapus
  24. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  25. yuk main sabung ayam
    yuk main agen sabung ayam
    yuk main judi sabung ayam online
    yuk main bolavita
    yuk main asianbookie


    Terpercaya bolavita..
    Teraman..
    Terbaik..
    Terlengkap..
    Sini Boss Tempat nya .. !
    Perlayanan Cepat Dan Ramah
    Support Semua Bank Indonesia

    http://agenpialadunia2018-blog.logdown.com/posts/7809244-pasaran-asianbookie-bolavita

    BalasHapus