Sabtu, 07 Agustus 2010

Misteri Lagu Bohemian Rhapsody

Bohemian Rhapsody, lagu terkenal yang dibuat oleh Band Queen ini, ternyata memiliki sisi gelap dari lirik bahkan nada lagu tersebut.

Mungkin Kalian yang membacanya sudah pernah baca atau tahu tentang artikel ini tapi saya kan mengulasnya kembali













Sejarah Bohemian Rhapsody

Lagu Bohemian Rhapsody ini di tulis oleh vokalis Bang Queen, Freddie Mercury pada tahun 1975 dalam albumnya A Night At The Opera. Lagu ini di tulis di rumahnya yang berada di Holland Road, Kensington, London barat. Sang Produser, Roy Thomas Baker menceritakan tentang pembukaan lagu dengan gaya Ballad ini, dia berkata "Dia memainkan permulaan lagunya dengan piano, lalu berhenti dan berkata ' Inilah saat bagian opera muncul'

Gitaris Brian May mengatakan bahwa lagu ini sangat menarik dan asli. Menurut May, lagu ini sudah ada dalam pikiran Freddie. Seorang Pemusik, Sheyla Whiteley, mengatakan "Judul akan menarik ideologi musik rock kontemporer, dengan individualisme dan pemusik Bohemian (sebuah gaya hidup yang tidak biasa, biasanya orang yang suka berpikir, termasuk lagu dan artistik.).

Rekaman mulai di Rockfield Studio 1 dekat Monmouth pada tanggal 24 Agustus 1975, setelah latihan 3 minggu di Herefordshire.

setelah beberapa saat, setelah di rilis, lagu iu menjadi sangat terkenal.

Inilah lag
u yang bisa dibilang Menggambarkan Ritual Bohemian Grove








inilah
Lirik lagunya

Is this the real life?
Is this just fantasy?
Caught in a landslide
No escape from reality
Open your eyes
Look up to the skies and see
I'm just a poor boy (Poor boy)
I need no sympathy
Because I'm easy come, easy go
Little high, little low
Any way the wind blows
Doesn't really matter to me, to me

Mama just killed a man
Put a gun against his head
Pulled my trigger, now he's dead
Mama, life has just begun
But now I've gone and thrown it all away
Mama, ooh
Didn't mean to make you cry
If I'm not back again this time tomorrow
Carry on, carry on as if nothing really matters

Too late, my time has come
Sends shivers down my spine
Body's aching all the time
Goodbye, everybody
I've got to go
Gotta leave you all behind and face the truth
Mama, oooooooh (Anyway the wind blows)
I don't want to die
Sometimes wish I'd never been born at all

[Guitar Solo]

I see a little silhouetto of a man
Scaramouch, Scaramouch, will you do the Fandango
Thunderbolt and lightning, very, very frightening me
(Galileo) Galileo (Galileo) Galileo, Galileo Figaro
Magnifico-o-o-o-o
I'm just a poor boy nobody loves me
He's just a poor boy from a poor family
Spare him his life from this monstrosity

Easy come, easy go, will you let me go?
Bismillah! No, we will not let you go
Let him go
Bismillah! We will not let you go
Let him go
Bismillah! We will not let you go
Let me go (Will not let you go)
Let me go (Will not let you go) (Never, never, never, never)
Let me go, o, o, o, o
No, no, no, no, no, no, no
(Oh mama mia, mama mia) Mama Mia, let me go
Beelzebub has the devil put aside for me, for me, for me!

So you think you can stone me and spit in my eye
So you think you can love me and leave me to die
Oh, baby, can't do this to me, baby
Just gotta get out, just gotta get right outta here

[Guitar Solo]
(Oooh yeah, Oooh yeah)

Nothing really matters
Anyone can see
Nothing really matters
Nothing really matters to me

Any way the wind blows...



Bisa di dengar lagu aslinya di video ini
http://www.youtube.com/watch?v=irp8CNj9qBI

Misteri


- Struktur

Lagu yang sangat misterius ini menyimpan berbagai unsur aneh dalam isinya. Dalam Komposisi lagunya, bisa dbilang lagu ini aneh. karen aterdiri dari Intro, Ballad, Gitar solo, Opera, Hard Rock, dan Outro. Sedangkan, lagu ini juga tidak memiliki Chorus yang biasanya ada dalam setiap lagu.

- Nada

Jika dilihat dari nada lagu, dengan perubahan dari intro dan ballad yang merupakan lagu bertema kesedihan berubah menjadi gitar solo yang sedikit berubah drastis, dan pindah ke opera, nah disinilah, awal dari lagu yang menggambarkan kesedihan berubah jadi bernada rock. Pada saat quatro nada lagu kembali merendah. Jika digambarkan maka akan menjadi lagu sedih yang berubah menjadi lagu kesenangan dalam sekejap saja, yang dimulai saat kata "I see a silhouetto of a man" maka mulailah nada lagu ini berubah drastis.

- Lirik

Di lirik inilah lagu ini menjadi sangat misterius.
Jika kita lihat dari awal lagu, maka dari kata-kata "open your eyes, look up to the skies and see" ini bisa dibilang adalah kesadaran dalam menyadari konspirasi dalam dunia ini. lalu kata "i'm just a poor boy" nah, karena dari open your eyes sampai poor boy menyambung, maka bisa dibilang lirik lagu ini sangatlah aneh dan berbeda.

kan aneh jika dari membuka mata tiba-tiba saya adalah anak yang miskin. Lalu, di lirik yang "I see a silhouetto of a man" kenapa harus silhuetto?? padahal kata dasarnya adalah silhoutte, tapi cukup bisa di maklumi karena jika memakai silhoutte akan tidak enak nadanya, tapi yang berikutnya dalam kata "scaramouch, scara mouch will you do the fandango"

pada lirik ini, kata-kata scaramouch berdasarkan kata scaramaucci atau scaramouche yang berarti pemusik yang seperi badut memakai topeng, dan Fandango berarti sebuah tarian bangsa spanyol dan portugis.

muncullah pertanyaan "Kenapa mereka memakai nama spanyol padahal mereka kan Band Inggris?" itulah pertanyaan saya.

Berikutnya adalah kesinambungan dai lagu yang berlirik "Thunderbolt and lightning very. very frightening me" nah karena nada ini menyambung pada fandango, maka cukup aneh pada bagian dansa tiba-tiba terjadi sesuatu yang menakutkan.

Tiba-tiba pada lirik berikut muncul kata "Galileo, galileo, galileo figaro, magnificoo.oo.o."
ini juga tidak nyambung dengak ketakutan pada kata sebelumnya. lalu kenapa harus Galileo? inilah yang membuat saya cukup bingung. lagipula arti dari kata Figaro dan Magnifico masih misterius, setahu saya, Figaro adalah nama lagu yang dimainkan "Brotherhood of man" dan Magnifico adalah seorang penyanyi asal Slovenia.

Lirik misterius berikut adalah bagian "Bismillah" yang sangat misterius, apakah pada alur cerita dia sdang memohon? lalu ada kata " mamamiamamamia mama mia let me go" ini bisa jadi adalah anak dalam cerita lagu sedang biacara pada ibunya. dan dijadikan kata mamamia agar cocok dengan nada lagu.

Nah, kata berikutnya yaitu "Beelzebub" nama dari tujuh pangeran/ putri iblis neraka.

-- Sekilas Tentang Beelzebub



Beelzebub berasal dari kata Ba'al Zebub, yang berarti "Lord Of Flies" atau Raja lalat. Dikatakan bahwa Beelzebub adalah iblis yang menyebabkan kehancuran, dialah yang membuat setan-setan disembah manusia, membuat nafsu berat, dan membuat kecemburuan dalam kota juga pembunuhan, lalu membuat peperangan. lalu Beelzebub juga termasuk tiga Fallen Angels terkenal yaitu, Beelzebub, Lucifer, dan Leviathan. Dia juga mewakili 7 dosa besar yaotu Glutonny atau Kerakusan.

inilah bentuk Beelzebub

Kembali ke lagu Bohemian Rhapsody yang misterius ini.

Berikutnya adalah

-Alur Cerita Lagu

Sebelum saya memberitahu tanggapan saya terhadap alur lagu ini inilah pendapat orang lain:

- Dari awal lirik lagu, bisa dikatakan misteri ini adalah tentang orang miskin yang membunuh orang. Akibatnya dia dihukum dan kemudian menulis pesan kepada ibunya. Tapi dia meminta pengampunana atas dasar kemiskinan, Dia menginginkan hanya Tuhan yang menghukumnya bukan masyarakat.


- Sama seperti diatas tapi kali orang yang diceritakan dalam lirik lagu terbaik queen ini malah mengelak dia telah membunuh. Dengan menggunakan istilah jalanan : “menari” (will you do a fandango). Bahkan perbuatannya dituduhkan hasil jebakan dari Setan Beelzebub.


- Sama seperti 2 paragraf diatas. Tapi orang ini tidak ingin dikasihani, bisa anda temukan artinya di lirik “I need no sympathy”. Dan kemudian dia membaca mantra bahkan doa supaya lolos dari hukuman mati.

- Lagu bohemian rhapsody ini menceritakan tentang Freddy Mercury sendiri. Lirik “just killed a man” bisa juga diartikan membunuh dirinya sendiri. Mungkin ini ketakutan vokalis Queen terhadap kenyataan dia adalah homoseksual, yang era 70-an dapat dihukum mati.


- Tapi ada sebagian juga yang mengatakan, lirik lagu yang mengandung sejuta misteri ini diciptakan hanya untuk mencocokkan dengan musiknya saja. Atau dengan kata lain tidak ada maknanya sama sekali.


- Seorang anak yang bersedia untuk mengorbankan dirinya untuk ritual bohemian grove tapi ketakutan, dan pada kata "I see a Sillhuoetto of a man" sudah dimulai ritual tersebut, dan pada saat bilang bisamillah anak tersebut menolak ritual itu. Dan ini berarti perlawanan sang anak, dan akhirnya percuma saja.

- Bohemian Rhapsody adalah lagu yang menceritakan seseorang yang miskin (I am just a poor boy) yang akan dihukum mati (Open your eyes Look up to the skies and see) untuk mempertanggung-jawabkan perbuatannya yang konon karena membunuh (just killed a man, Put a gun against his head, Pulled my trigger,now his dead). Tapi dia tidak ingin ada orang yang kasihan kepadanya (I need no sympathy). Dan kemudian dia membaca mantra(bisa jadi bagian Opera itu adalah mantranya) agar dibebaskan dari hukumannya. Dia meminta pertolongan dari Allah(Bismillah) sampai ke setan(Beelzebub).


- Bohemian Rhapsody adalah lagu yang menceritakan seseorang yang akan dieksekusi mati karena telah membunuh seseorang. Ia menuliskan/menceritakan pesan terakhirnya kepada ibunya sendiri untuk menjelaskan kondisinya sekarang (Mama.. just killed a man, Put a gun against his head, Pulled my trigger,now hes dead, Mama.. life had just begun, But now Ive gone and thrown it all away).

- Bohemian Rhapsody adalah lagu yang menceritakan seseorang yang miskin(I am just a poor boy) yang depresi yang kemudian membunuh seseorang, dan menceritakan kepada ibunya sendiri (Mama..just killed a man, Put a gun against his head, Pulled my trigger,now his dead). Dan tentunya dia harus mempertanggung-jawabkan semuanya. Kemudian dia meminta pengampunan dengan alasan dia miskin dan depresi yang berlebihan. dia ingin hanya Tuhan saja yang menghukumnya, bukan masyarakat. Dia kemudian mencoba membantah bahwa dia telah membunuh seseorang, dengan menggunakan istilah“menari” (will you do a fandango). Dan memanggil setan(Beezelbub) dalam dirinya sebagai alasan lain. Namun nampaknya dia tidak memperoleh kemudahan, karena bagaimanapun dia tidak boleh lepas dari kenyataan yang ada (no escape from reality) dan harus mempertanggung-jawabkan perbuatan yang telah dia lakukan.

- Bohemian Rhapsody adalah lagu yang menceritakan realita atau ramalan dari kehidupan Freddy Mercury sendiri. Bahwa kata “just killed a man ” dalam lirik tersebut mungkin diartikan bahwa dia membunuh orang lain, atau membunuh dirinya sendiri(dia menyadari bahwa umur dia tidak lama).  Freddy Mercury adalah  seorang homosexual yang bisa dikatakan pada masa dia(sekitar tahun 70an) dapat dieksekusi mati, atau ramalan tentang penyakitnya(Freddy menderita AIDS dan meninggal karena itu). Yang kelak menjadi penyebab kematiannya.












Ritual Bohemian Grove Untuk Owl Of Bohemia


Pendapat Saya sendiri:



Seorang anak yang akan di jadikan ritual oleh para anggota Bohemian Grove yang suka melakukan Ritual dengan membakar anak- anak.

Nah, saat anggota Bohemian Grove mau mengambil anak ini sebagai persembahan, tapi sang ibu membelanya dengan menembakkan pistol dan membunuh anggota bohemian grove, tapi itu percuma saja,
anaknya tetap diambil, dia putus asa, demikian ibunya yang menangis atas kepergian anaknya.
Dikatakan dalam lagu anak ini sangat ketakutan Bhakan berharap jika dia tidak lahir ke dunia.

Saat I see A sillhuetto of a man dia melihat seorang Scaramouche memulai ritual dan mereka mulai berdansa untuk ritual.
Lalu sang ibu terus membela anaknya agar melepaskannya. Dan akhirnya anaknya berkata untuk membiarkannya karena (mungkin) dia kasihan melihat ibunya terus berusaha menolongnya. dan dia juga berkata bahwa Beelzebub telah meletakkan bagian iblis padanya.

Oya, waktu itu saya di beri tahu teman saya bahwa Putri Ayu dan Belda, pasangan yang tampil di Acara Indonesia Mencari Bakat menyanyikan juga lagu ini.

http://www.youtube.com/watch?v=KtdA2FKrWz0

Kemisteriusannya pun akan saya bahas, pada viedo ini, Putri ayu menyanyikan lagu bohemian rhapsody, tetapi dia melewatkan bagian

Mama just killed a man
Put a gun against his head
Pulled my trigger, now he's dead
Mama, life has just begun
But now I've gone and thrown it all away
Mama, ooh
Didn't mean to make you cry
If I'm not back again this time tomorrow
Carry on, carry on as if nothing really matters

juga

Easy come, easy go, will you let me go?
Bismillah! No, we will not let you go
Let him go
Bismillah! We will not let you go
Let him go
Bismillah! We will not let you go
Let me go (Will not let you go)
Let me go (Will not let you go) (Never, never, never, never)
Let me go, o, o, o, o
No, no, no, no, no, no, no
(Oh mama mia, mama mia) Mama Mia, let me go
Beelzebub has the devil put aside

Dilewatkannya dua bagian terpenting itu merupakan hilangnya makna lagu ini. Mungkin bagian mama just killed a man dilewatkan karena memiliki unsur pembunuhan tapi yang bagian beelzebub dan bismillah dilewatkan karena dia sudah tahu arti lagu ini apa hanya kesulitan dalam nada? ditambah lagi latar dari pangggungnya adalah api, yang merupakan benda ritual bohemian grove.


Nah Jika anda sedang kesal dan bosan bisa tonton (bukan dengar ) video ini
INTERMEZZO

http://www.youtube.com/watch?v=422dQXCdp4E


Kesimpulan

Lagu ini sangatlah misterius atas lirik, struktur, serta nadanya. Bahkan dalam nadanya tersurat hal-hal dari ritual bohemian grove. Juga latar sejarahnya yang Freddie Mercury, sepertinya sudah dapat inspirasi akan lagu ini sejak lama. Demikian dengan kata-kata aneh dari lirik lagu, nada yang agak tidak nyambung. Lagu laris ini sangatlah digemari, tetapi memiliki sisi satanisnya, apakah mungkin Freddie ingin menungkap rahasia ritual Bohemian grove? Masih banyak pertanyaan dibalik lagu ini beserta Konspirasi lainnya. Baiklah Sampai sini saja, Saya mengucapkan maaf apabila videonya tidak bisa saya masukkan dan hanya link. Juga maaf atas segala perbuatan serta perkataan saya.



Sumber :
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4722219
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4634370
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4620447
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2988442

Beberapa link sudah saya sertakan diatas.

23 komentar:

  1. yah, kenapa kmu posting ??!!! kemarin saya cari artikel baru, waktu dapat eh, kmu duluan posting !!!

    BalasHapus
  2. wah....anda keduluan hehe.......mau posting BR juga ya?? haha posting saja gapapa....btw nama blog anda apa??

    BalasHapus
  3. saya jg prnah dengar ttg misteri video klip illuminati Muse
    trxta bxk jg ya musisi yang menyimpan misteri dalam lagunya

    moga cpet smbuh ea

    btw to Mysteryxxx
    tukeran link ea
    http://ianfile-memories.blogspot.com/

    link anda sudah aku pasang

    BalasHapus
  4. @arfian: ya...sudah banyak sekali......tetapi mereka bisa saja tidak tahu itu lagu yang merujuk ke illu......hahaha terima kasih nanti blog anda saya pasang....muse ya.....memangnya lagu mereka yang mana yg merujuk illu??

    BalasHapus
  5. wess... seru2 nihh rtikelnya...
    tukaran link yuk gan ???terimakasih ...
    ditunggu kunjungan balik dan konfirmasinya ...

    BalasHapus
  6. wah boleh2.........nama blog anda apa??

    BalasHapus
  7. permisi saya mau memastikan aja, apa benar lafal Bismillah ada di lirik lagu itu...setahu dari pendengaranku bukan itu lafalnya..tetapi lafal Wishmeluck dngn akhiran kata yg tdk jelas seolah2 terdengar wishmillah....

    BalasHapus
  8. Wishmeluck? benarkah? karena hampir di semua situs, liriknya tertulis bismillah

    BalasHapus
  9. boleh dong merangkum dari semua hasil perkiraan di atas...
    menurut saya, lagu ini memang bercerita ttg Freddy sendiri, tepatnya imajinasi liar dia, karena denadam pada seseorang yg merubahnya menjadi hOMOSEXSUAL.. i see a lil shiluetto of a man.... (dia iblis, harus dibunuh! beelzeebub) yang menyebabkan kesengsaraan hidupku, and so on and so on ;)

    BalasHapus
  10. wah cari cari tentang lagu bohemian rapshody masuk juga ke blog ini, tadi nonton Xfactor Indonesia ada girlband yang nyanyi bohemian rapshody namanya Dalagita. beda sama waktu putri ayu yang nyanyi kalo yg ini bagian lirik dinyanyiin hampir lengkap hanya bagian

    Mama just killed a man
    Put a gun against his head
    Pulled my trigger, now he's dead
    Mama, life has just begun
    But now I've gone and thrown it all away
    Mama, ooh
    Didn't mean to make you cry
    If I'm not back again this time tomorrow
    Carry on, carry on as if nothing really matters

    yg nggak ada tapi bagian yang ini

    Easy come, easy go, will you let me go?
    Bismillah! No, we will not let you go
    Let him go
    Bismillah! We will not let you go
    Let him go
    Bismillah! We will not let you go
    Let me go (Will not let you go)
    Let me go (Will not let you go) (Never, never, never, never)
    Let me go, o, o, o, o
    No, no, no, no, no, no, no
    (Oh mama mia, mama mia) Mama Mia, let me go
    Beelzebub has the devil put aside for me, for me, for me!

    tetep ada sampai lirik terakhir. Nice dah ulasannya akhirnya jadi tahu tentang lagu ini.

    BalasHapus
  11. soalnya bagian itu memang butuh kualitas vokal tingkat tinggi cuy

    BalasHapus
  12. tpi di bagian ujung lg ada yg lebih tingi tuh nadanya, ,kayanya emang bener dach lirick nya bermasalah, , musisi sekelas kangen band saja nyiptain lagu dgn dgn artinya , maksud w dgn maksud dan maknaya gth apa lg kelas dunia , , ,
    pasti tuh lagu punya maksud tersendiri, .

    BalasHapus
  13. gan ijin nyomot artikel nii :)

    BalasHapus
  14. Top! Izin sedot gan, pendapat tentang lagu queen satu ini, sependapat ane sama ente

    BalasHapus
  15. Kalo menurut ane sih mungkin sii Freddie itu pernah bunuh orang, terus si korban kasih tawaran buat jadi homosex biar sii Freddie nggak ke hukum. Kemudian Freddie menganggap dia sebagai sii anak kecil dalam ritual Boheiman Grove. Abis itu dia meramal dia akan mati dengan cara kena AIDS. Itu pendapat ane sih

    BalasHapus
  16. Sok tau loe...yg namanya lagu yg tau artinya yg buat....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang bener yang buat lebih tau.Tapi sayangnya si pembuat lirik (Freddie Mercury)gak ngasih tau apa makna liriknya itu,jadi kita bebas menyimpulkan dong

      Hapus
  17. Masak orang punya & buat roti diceramahin...tepung nya ini...blaa...blaa...margarinnya ini...ini...blaa..blaa...

    BalasHapus
  18. Queen tanpa Freddie Mercury, ibarat ratu tanpa mahkota. Freddie adalah penyanyi legendaris & jenius. Soal kehidupan pribadinya, itu urusan dia, tohh tidak ada manusia yang sempurna. Lagu Queen favorit saya adalah THE MILLIONAIRE WALTZ. Best !!!!!!

    BalasHapus