Jumat, 04 Juni 2010

Con Rit - Seekor Lipan Laut?


Dunia ini penuh makhluk aneh di seluruh penjuru dunia. Salah satunya adalah Con Rit,cryptid yang sangat aneh.

Con rit, dalam bahasa Vietnam berarti Lipan,adalah nama yang diberikan pada spesies tak teridentifikasi yang ditemukan di laut asia tenggara dan kadang juga muncul di Algeria,Afrika.





Con Rit juga pernah ditemukan bangkainya ole Mr.Tran Van Con di pesisir Pantai Alongbay,Vietnam pada tahun 1883. Dikatakan,makhluk ini memiliki panjang sekitar 18 meter (60 kaki) dan lebarnya 1 meter (3 kaki) dan punggungnya berwarna coklat juga dilapisi cangkang. bagian bawahnya berwarna kuning. tubuhnya beruas-ruas. setiap ruas memiliki sepasang kaki sepanjang sekitar 2 setengah kaki. Ketika cangkangnya diketuk maka terdengar seperti suara besi. makhluk ini memiliki dua filamen di bagian ekornya. sayang,kepalanya hilang. kakinya dikatakan mirip sirip.

Ada juga penampakan makhluk misterius ini. kehadiannya terjadi pada tahun 1899,ketika kapal HMS Narcissus sedang berlayar di dekat Cape Falcon,Algeria. Beberapa nelayan mengatakan telah melihat monster laut spenjang 135 kaki dan memiliki sirip dalam jumlah besar. para nelayan itu memperhatikan makhluk itu dalam setengah jam sebelum makhluk itu kembali ke dalam laut.

Teori - Teori

Teori pertama adalah yang menjelaskan berdasarkan penampakan makhluk ini bahwa ini tidak lain adalah Oarfish, ikan panjang yang berbentuk mirip dengan ular. Mereka bisa mencapai panjang 20 meter dan menhabiskan sepanjang hidupnya untuk mencari hewan bercangkang kecil seperti kerang. Oarfish sangat jarang menapakkan dirinya ke permukaan laut. dia hanya ke permukaan laut jika sakit atau akan mati.











Inilah Oarfish,Tersangka Penampakan Con Rit


Teori lainnya dikemukakan oleh cryptozoologist Karl Shuker yang mengatakan bahwa mungkin Con Rit adalah makhluk invertebrata,mungkin saja seperti Isopod raksasa,atau hewan Chilopoda air (hewan antropoda seperti kaki seribu dan lipan) yang belum ditemukan sebelumnya.

Ditambah lagi,penampakan tentan Con Rit tidak ada lagi di masa sekarang. ada juga yang mengatakan Con Rit mati pada awal tahun 1900an.















giant isopod



Kesimpulan


Menurut saya Makhluk Con Rit ini merupakan seekor Lipan raksasa berdasarkan ciri-ciri yang ditemukan pada bangkainya. memiliki kaki atau sirip yang banyak,dua filamen di belakang tubuhnya,bercangkang, juga beruas-ruas. ciri -ciri itu semua dimiliki oleh Lipan yang sekarang masih hidup. Tetapi yang aneh menurut saya adalah kakinya, dikatakan seperti sirip, Lipan memiliki sirip? tinggal di laut? terdampar di pantai? semua itu tidak bisa di jelaskan...
apakah hewan ini Lipan Laut purbakala seperti kalajengking laut dan megalodon yang masih hidup hingga sekarang?

Sumber: Wikipedia, Cryptidzoo, Unknownexplorer, Ufodigest

Update Selasa, 22 maret 2011

Con rit ini memang masih misterius, tapi beberapa saat yang lalu saya dapatkan hewan yang memiliki ciri paling mirip dengan con rit.

Inilah makhluk itu, saya perkenalkan cacing-cacing dari Famili Nereididae.











Cukup mirip bukan? mereka mirip lipan, bersegmen, dan memiliki kaki berupa sirip yang disebut Parapodia yang disebut juga kaki dayung, mereka biasa disebut Clamworm dan hidup di sekitar pantai dan laut. Mereka memiliki faring tapi tidak memiliki insang.
Nah, misterinya adalah, kenapa Con rit bisa sebesar itu? mungkinkah kena radiasi? ataukah kelebihan hormon?
Saya rasa makhluk ini termasuk famili Nereididae. Lagipula, famili Nereididae di vietnam memang ada, bahkan mereka dibuat makanan bernama rươi. Seperti inilah rươi itu:

Setelah di olah maka akan jadi seperti ini:



Ingin mencoba hidangan ini? Silakan

2 komentar:

  1. Hmmm...
    Lipan raksasa, tinggal di laut, kaki sirip agar lebih efisien untuk berenang, bernafas menggunakan [Make apa?], menarik...
    Belum lagi sudah pernah ditemukan bangkainya...

    BalasHapus
  2. bernapas ya? menurut saya dia bernapas dengan yang sama digunakan giant isopod...

    BalasHapus